Breaking News

Dalam Rangka Mensukseskan Gerakan Nasional Revolusi Mental; UIN Sunan Kalijaga Gelar KATARANTE

Kegiatan Zoom Meet Lomba KATARANTE (Lomba Video Pencarian Profil Keluarga Teladan, Ramah Anak, Toleran, Berwawasan Pancasila, dan Sadar Lingkungan), Foto: SS/ Dok. Istimewa.
Nalar Rakyat, Yogyakarta - KATARANTE: Lomba Video Pencarian Profil Keluarga Teladan, Ramah Anak, Toleran, Berwawasan Pancasila, dan Sadar Lingkungan, Program Kerjasama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Dalam rangka mensukseskan GNRM (Gerakan Nasional Revolusi Mental), UIN Sunan Kalijaga yang dimotori oleh CTSD mengadakan lomba Video Pencarian Profil Keluarga Teladan, Ramah Anak, Toleran, Berwawasan Pancasila, dan Sadar Lingkungan yang disingkat KATARANTE. Program ini terselenggara atas kerjasama dengan Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Tujuan program ini adalah menemukan profil keluarga yang ideal yang memiliki beberapa kriteria yang telah disebutkan sebelumnya sehingga dapat dijadikan sebagai contoh serta mampu menginspirasi keluarga lainnya. Dalam pembuatan video, peserta diminta agar menampilkan kegiatan tanam pohon sebagai bentuk tindakan nyata untuk turut serta dalam melestarikan lingkungan dan alam.

Perlombaan ini diawali dengan pendaftaran dan pengumpulan karya mulai tanggal 15 Agustus 2022-2 Oktober 2022, diikuti dengan seleksi tahap pertama pada tanggal 3-5 Oktober 2022. Adapun seleksi tahap kedua dilakukan pada tanggal 6 Oktober 2022 dan menetapkan lima orang sebagai finalis lomba. Selanjutnya pada tanggal 10 Oktober 2022 kelima finalis diminta untuk presentasi di hadapan dewan juri secara virtual. Bertindak sebagai dewan juri Prof. Dr. Mahmud Arif, M.Ag. Guru besar UIN Sunan Kalijaga ahli dalam bidang pendidikan termasuk di dalamnya pendidikan dalam keluarga serta Dr. Adhi Setiyawan, M.Pd. selaku ahli media. Adapun kriteria yang dijadikan sebagai tolok ukur dalam penilaian ada 8 aspek, yaitu (1) Originalitas; (2) Manfaat (Nilai Edukatif) pada Pembentukan Keluarga Teladan, Ramah Anak, Toleran, Berwawasan Pancasila, dan Sadar Lingkungan; (3) Kesesuaian antara Video dengan Tema; (4) Ide Gagasan; (5) Teknik Pengambilan Gambar/Video; (6) Teknik Audio (Dubbing/Musik/Audio Tambahan); (7) Infografis (Animasi Tulisan) dan (8) Presentasi.

Hasil lomba diumumkan pada acara puncak yang dilaksanakan pada hari Kamis, 13 Oktober 2022 secara virtual dengan menetapkan lima finalis keluar sebagai juara. Adapun juara 1 diraih oleh keluarga Kun Faizah Indarwirawan dengan total nilai 182,5 berhak mendapat uang pembinaan sebesar Rp 5.000.000,00. Juara 2 diraih oleh keluarga Khori Wanida Sari dengan total nilai 167,5 berhak mendapat uang pembinaan sebesar Rp 3.000.000,00. Juara 3 diraih oleh keluarga Ruli Ika Yuniarti dengan total nilai 165 berhak mendapat uang pembinaan sebesar Rp 2.000.000,00. Selanjutnya dua peserta terfavorit diberikan kepada keluarga Nurul Afiyah dan keluarga Sulistri Wahyuni yang masing-masing mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 1.000.000,00 dan Rp 500.000,00.

0 Komentar

Posting Komentar

Type and hit Enter to search

Close