GNRM Saat Proses Tanam 1000 Pohon di Kampus 2 UIN Sunan Kalijaga (Kelurahan Guwosari, Pajangan Bantul) (Foto: Dok. Istimewa)
Nalar Rakyat, YogyakarataAktualisasi Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) lewat “Tanam 1000 Pohon” adalah upaya UIN Sunan Kalijaga dan masyarakat sekitar untuk terus mendorong budaya cinta menanam dan sadar lingkungan. GNRM ini merupakan aktualisasi kerjasama yang dilakukan oleh UIN Sunan Kalijaga dengan Kemenko PMK dalam rangka mewujudkan kolaborasi antara pemerintah, universitas dan masyarakat demi terciptanya revolusi mental.

Bertempat di Kampus 2 UIN Sunan Kalijaga (Kelurahan Guwosari, Pajangan Bantul) Tanam 1000 Pohon ini dilaksanakan bertepatan dengan Agenda Dies Natalis UIN Sunan Kalijaga yang ke-71 dan dirangkaikan dengan kegiatan lain seperti Jalan Sehat, Melukis Bersama Rektor, Bakti Sosial (pembagian paket sembako) kepada masyarakat sekitar.

Dengan area Kampus 2 Pajangan seluas 71,33 hektar, Tanam 1000 Pohon dimaksudkan juga untuk mendukung pembangunan kampus yang mengusung tema forest campus. Sebanyak 250 bibit pohon sengon, 250 bibit munggur, 200 bibit sirsak, dan 200 bibit kayu putih diperoleh dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Bibit-bibit ini ditanam di spot-spot yang sudah ditentukan oleh panitia pengembang Kampus 2.

Hadir dalam acara itu, Rektor Prof. Dr. Al Makin beserta seluruh jajarannya, Dr. Andi Prastowo selaku ketua panitia GNRM UIN Sunan Kalijaga, keluarga besar dosen dan tendik UIN Sunan Kalijaga dan masyarakat sekitar yang ikut memeriahkan acara. Rektor dalam sambutannya menyampaikan: “Mari kita pejamkan mata, bayangkan bentuk kampus UIN di Pajangan sesuai dengan harapan kalian, sambil membaca Al Fatihah,”. Forest campus dibangun dengan harapan lebih membumi, meminimalkan bangunan, lebih banyak pohon-pohon untuk ditanam, agar mengurangi beban Bumi yang semakin lama semakin berat dengan banyaknya isu linkungan. Berbagai ahli juga sudah dilibatkan dalam rancangan bangunan Forest Campus ini.  Harapan forest campus segera terwujud untuk memfasilitasi kebutuhan belajar mahasiswa dan mengembangkan kekhasan UIN Sunan Kalijaga.