Logo UI Universitas Indonesia PNG

Pendahuluan

Logo UI Universitas Indonesia telah digunakan sejak tahun 1952. Logo tersebut pertama kali digunakan dalam sebuah dokumen dari Institut Teknik UI di Bandung. Dalam perjalanannya, logo UI telah mengalami perubahan yang tidak disadari oleh pengguna. Perubahan resmi pada logo UI adalah penambahan bentuk segi lima di sekitar simbol Makara pada tahun 1959 dan penghapusan bentuk segi lima pada tahun 2000 karena UI resmi ditetapkan sebagai BHMN.

Menurut penelusuran Humas UI*, perubahan ini terjadi karena makara belum menjadi standar sejak pertama kali digunakan. Perubahan ini juga terjadi dengan sendirinya karena keterbatasan teknologi penyalinan dokumen saat itu. Penggandaan logo UI pada masa itu dilakukan secara manual dengan gambar tangan, sehingga bentuk makara menjadi terdistorsi. Distorsi ini terus berlanjut dari tahun 1952-an sampai sekarang. Untuk menghilangkan distorsi penggunaan logo, penggunaan logo UI harus mengacu pada pedoman penggunaan logo UI.

Arti Lambang Makara Logo UI

Seperti diketahui, lambang Makara Universitas Indonesia pertama kali diciptakan pada tahun 1952 oleh Sumartono, mahasiswa Seni Rupa Fakultas Teknik tahun 1951. Konsep dasar lambang adalah kala-makara, yang berarti penyatuan dua kekuatan yang ada di alam.

Kara didefinisikan sebagai kekuatan di atas atau matahari. Dan makara diartikan sebagai kekuatan di bawah atau kekuatan bumi. Terakhir, gabungkan keduanya menjadi sebuah logo yang melambangkan Universitas Indonesia (UI), sumber ilmu yang hasilnya akan menyebar ke segala penjuru.

Filosofi

Berikut ini penjelasan mengenai makna logo UI menurut Profesor Sumaxtono. Srihadi (1952) dalam wawancara untuk penyusunan buku "50 Tahun Emas Universitas Indonesia".

Profesor Srihadi mengatakan lambang Makara logo UI tidak ada hubungannya dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, meskipun lambang itu digambarkan sebagai 17 kuntum bunga dan delapan cabang.

Pohon Makara logo UI beserta dahan dan kuncupnya melambangkan pohon ilmu dan cabang ilmunya. Kuncup-kuncup ini suatu saat akan berkembang menjadi cabang ilmu baru, dan akan terus mekar selama pohon pengetahuan itu ada.

Kala-Makara melambangkan sumber pengetahuan. Dalam hal ini, sumber ilmu digambarkan sebagai mata air yang mengalir dari pancuran berbentuk makara, memancar air ke segala arah.

Sumber: fisip.ui.ac.id

Untuk Download Logo UI Universitas Indonesia PNG Kualitas HD bisa melalui link disini