10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Tahun 2023, Camaba Harus Tau Ini!

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Tahun 2023

Hello guys, kita bertemu lagi di Nalar Rakyat. Artikel kali ini akan membahas tentang kampus swasta terbaik di Indonesia tahun 2023. Menurut QS World University ranking 2022, kampus swasta sekarang tidak bisa diremehkan lagi terutama jika dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri.

Sebagian besar kampus swasta memiliki fasilitas dan kualitas pembelajaran yang lebih baik. Jika saya diberi pilihan untuk kuliah di swasta atau negeri, pasti saya akan memilih kampus swasta terbaik yang mahal, karena kualitasnya lebih bagus daripada kampus negeri biasa.

Namun, kelemahan dari kampus swasta terbaik adalah biayanya yang cukup mahal, namun bisa diatasi dengan beasiswa.

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia tahun 2023

Berikut adalah 10 ranking universitas swasta terbaik di Indonesia tahun 2023.

10. Universitas Tarumananegara

Pada peringkat ke-10 terdapat Universitas Tarumanegara atau biasa disingkat Untar yang juga terdaftar dalam peringkat 61-650 sebagai kampus terbaik di Asia. Kampus ini cukup populer terutama di Jakarta karena memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Jalan Letjen S Parman, Tanjung Duren, dan Cilandak Ragunan.

Terdapat beberapa fakultas dan jurusan unggulan yang bisa menjadi referensi bagi calon mahasiswa, berdasarkan informasi dari situs kampus quipper.com. Biaya kuliah di kampus Untar berkisar antara 15 juta hingga 40 juta 500 ribu per semester, tergantung dari jurusan yang diambil. Untuk informasi lebih lengkap, dapat mengunjungi website resmi atau mengklik link yang ada pada deskripsi.

9. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Sedangkan pada peringkat ke-9 terdapat Universitas Pelita Harapan (UPH), yang sering dianggap sebagai kampus elit dan masuk dalam kategori kampus termahal di Indonesia karena memiliki berbagai fasilitas yang sangat modern seperti gym, kolam renang, kelas yang modern, hingga fasilitas parkir kendaraan yang mewah dengan biaya yang cukup tinggi.

Kampus swasta sekelas UPH juga menawarkan jurusan fakultas yang up-to-date dan sangat dibutuhkan di masa depan. Namun, biaya kuliah di UPH dapat dikatakan cukup mahal karena berdasarkan situs Quipper block dan biayakuliah.net, biaya pembiayaan tahun pertama di UPH berkisar antara 70 juta hingga 300 juta rupiah untuk dua semester yang meliputi biaya masuk, SPP semester pertama, dan SPP semester kedua.

8. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Peringkat nomor 8 ditempati oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta atau disingkat UMS. Kampus ini berada di kota Solo atau Surakarta, dan terlihat dari namanya bahwa kampus ini menerapkan pendidikan dengan nuansa Islam. Kampus ini memiliki akreditasi A atau unggul dengan banyak jurusan yang tersedia di jajaran fakultas-fakultasnya. Biaya kuliah di UMS tergolong ramah di kantong, sekitar 6 juta hingga 8 juta per semester, tergantung pada jurusan yang dipilih.

7. Universitas Katolik Parahyangan

Peringkat nomor 7 ditempati oleh Universitas Katolik Parahyangan atau Unpar. Kampus ini berada di Bandung, Jawa Barat dan terlihat dari namanya bahwa kampus ini menerapkan pendidikan dengan nuansa Katolik. Kampus ini terkenal dengan segudang fasilitasnya dan kualitas pendidikannya yang baik. Unpar memiliki banyak fakultas dan jurusan yang up to date. Namun, biaya kuliah di Unpar tergolong tinggi, sekitar 12,7 juta hingga 53,7 juta per semester.

6. Universitas Atmajaya Yogyakarta

Peringkat nomor 6 ditempati oleh Universitas Atmajaya Yogyakarta atau UAY. Kampus ini didirikan pada tahun 1965 oleh Yayasan Universitas Katolik Indonesia Atmajaya cabang Yogyakarta. UAY terkenal dengan banyaknya fakultas dan jurusan yang lengkap dengan akreditasi unggul. Biaya kuliah di UAY sekitar 8 juta 500.000 per semester, tergantung pada jurusan yang dipilih.

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Pada peringkat nomor 5 terdapat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau dikenal sebagai UMY. Kampus ini sudah terkenal di Yogyakarta dan memiliki banyak jurusan dengan fakultas yang beragam. Biaya kuliah di kampus UMY cukup elit dan favorit dengan pembiayaan sekitar 13,5 juta per semester, tergantung pada jurusan dan program yang diambil.

4. Universitas Islam Indonesia

Pada peringkat nomor 4 ada Universitas Islam Indonesia atau UII yang juga merupakan kampus elit di Yogyakarta dengan berbagai fasilitas mewah. Kampus ini memiliki akreditasi A dan banyak fakultas serta jurusan yang beragam. Biaya kuliah di UII berkisar antara 10-15 juta per semester, tergantung pada program studi yang dipilih.

3. Universitas Katolik Indonesia

Pada peringkat nomor 3 terdapat Universitas Katolik Indonesia Atmajaya di Jakarta yang memiliki akreditasi A dengan berbagai fakultas dan jurusan yang up-to-date. Biaya kuliah di kampus ini berkisar antara 5-15 juta per semester.

2. Telkom University

Pada peringkat nomor 2 ada Telkom University yang merupakan kampus swasta populer dan terkenal di Bandung. Telkom University memiliki berbagai fakultas dengan keunggulan di bidang IT dan manajemen komunikasi. Biaya kuliah di Telkom berkisar antara 6-20 juta per semester tergantung pada jurusan yang dipilih.

1. Binus University

Pada peringkat nomor 1 adalah Binus University yang merupakan kampus swasta terbaik di Indonesia menurut QS World University Rankings 2022. Binus University memiliki akreditasi A dan banyak jurusan dengan kurikulum internasional dan kelas internasional. Biaya kuliah di Binus University berkisar antara 15,825 juta per semester tergantung pada jurusan dan program yang dipilih. Selain itu, masih banyak kampus swasta yang bagus dan favorit yang tidak terdaftar dalam 10 besar tersebut. 

Next Post Previous Post
Joki Tugas