Kunci Jawaban Kodrat Murid dan Trikon Pada Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Modul 3
Berikut jawaban soal latihan pemahaman otodidak dan cerita refleksi pada materi pembelajaran mandiri modul 3 Sifat Siswa dan Trikon pada platform Merdeka Mengajar (PMM).

Sebelum melanjutkan ke agenda berikutnya, Anda harus mengikuti pelatihan mandiri di Platform Pengajaran Mandiri (PMM), yaitu latihan pemahaman dan cerita refleksi.

Pada artikel kali ini kami akan memaparkan jawaban soal latihan pemahaman dan cerita reflektif tema pembelajaran mandiri modul 3 Platform Pengajaran Mandiri (PMM) untuk guru, dan diharapkan dapat memberikan referensi bagi guru.

Simak selengkapnya jawaban dari Latihan Pemahaman dan Cerita Refleksi Topik Latihan Mandiri Pembelajaran Mandiri Modul 3 Sifat Siswa (PMM), di bawah ini.

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Kodrat Murid

Latihan Pemahaman :

1. Dasar pendidikan yang berkaitan dengan “sifat” dan “bentuk” dimana murid berada disebut:

A. Trikon

B. Kodrat Keadaan

C. Kodrat Alam

D. Kodrat Zaman

2. Kodrat Keadaan merupakan…

A. Bagian terpenting dari saat mengajar

B. Bagian yang harus disadari oleh guru

C. Bagian yang tidak terpisahkan dari dasar pendidikan murid

D. Bagian yang terpisahkan dari pembelajaran

3. Melalui pembelajaran di tiktok, menurut Bapak/ Ibu, kompetensi abad 21 apa saja yg bisa terasah?

A. Berpikir kritis

B. Kreatif dan Inovatif

C. Komunikasi

D. Kolaborasi

E. Semua jawaban benar

Cerita Reflektif : Dengan kemajuan teknologi saat ini, media apa yang akan Anda gunakan untuk mengasah keterampilan abad ke-21 murid Anda?

Kunci Jawab : Saya menggunakan Instagram, YouTube, dan Facebook sebagai media untuk mengasah ketrampilan abad ke-21 murid saya.

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Trikon

1. Latihan Pemahaman : Pembelajaran murid sebaiknya berkesinambungan dari waktu ke waktu. Dalam asas trikon, pernyataan tersebut merupakan asas?

A. Konsentris

B. Konvergen

C. Kontinuitas

D. Konvergensitas

2. Cerita Reflektif : Proses pembelajaran seperti apa yang ingin Anda perbaiki dengan menggunakan asas Trikon? 

Kunci Jawab: Dikarenakan saat ini setiap desa memiliki program unggulan untuk memajukan desanya seperti objek wisata unggulan desa yang dikelola oleh BUMDes maka pada materi mendeskripsikan tempat saya akan memberikan projek kelompok kepada siswa dengan meberikan pertanyaan seperti : Apa yang menjadi keunikan desamu bila dibandingkan dengan desa lainnya?

Anda bisa mengelaborasikannya dengan potensi utama desa atau objek wisata ungulan di desamu?

Sebelum projek dipresentasikan guru memberikan kesempatan kepada kelompok untuk melakukan konseling.

Hasil projek akan dipublikasi melalui akun sosial media mereka sebagai bentuk perayaan atas terselesaikannya projek mereka dan sebagi wujud kontribusi mereka untuk memperkenalkan keunikan dan potensi desanya kepada masyarakan luas.

Itulah tadi informasi mengenai kunci jawaban dari Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif pelatihan mandiri Topik Merdeka Belajar Modul 3 Kodrat Murid dan Trikon pada Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini hanya sebagai bahan referensi. Jadi diperbolehkan bagi para guru untuk mengeksplorasi jawaban yang sekiranya lebih baik