5 Obat Alami untuk Mengatasi Diabetes Tipe 2, Ampuh!

5 Obat Alami untuk Mengatasi Diabetes Tipe 2, Ampuh!

Diabetes tipe 2 adalah salah satu jenis penyakit gula darah yang paling umum terjadi di Indonesia. Pada jenis diabetes ini, sel-sel tubuh kehilangan sensitivitas terhadap insulin sehingga kadar gula darah tidak terkontrol.

Jika tidak diobati, diabetes tipe 2 dapat menyebabkan komplikasi serius seperti stroke, kerusakan saraf, dan bahkan penyakit jantung.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui obat alami yang dapat membantu mengatasi diabetes tipe 2 yang dapat ditemukan dengan mudah di sekitar Anda.

Beberapa obat alami bahkan dapat ditemukan di dapur rumah Anda. Menurut informasi dari laman kompas.com,Kami membagikan informasi lengkap tentang 5 obat alami yang dapat membantu mengatasi diabetes tipe 2.

Berikut adalah lima obat alami yang dapat membantu mengatasi diabetes tipe 2:

1. Kelabat

Kelabat atau fenugreek dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi diabetes tipe 2. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki risiko tinggi terkena diabetes tipe 2 dan rutin mengonsumsi kelabat dapat terhindar dari penyakit tersebut.

Hal ini disebabkan oleh kelabat yang dapat meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

2. Kayu Manis

Kayu manis adalah rempah-rempah yang dikenal sebagai bumbu dapur, tetapi juga memiliki efek obat alami dalam mengatasi diabetes tipe 2. 

Sebuah penelitian pada tahun 2016 membuktikan bahwa kayu manis dapat meningkatkan kadar glukosa plasma puasa atau hemoglobin A1c (HbA1c). 

Kayu manis dapat membantu tubuh mengurangi kadar glukosa dalam darah dan resistensi insulin. Anda dapat menambahkan kayu manis ke dalam makanan atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen secara rutin.

3. Pare

Meskipun rasanya sangat pahit, pare dapat menjadi salah satu obat alami untuk mengatasi diabetes tipe 2. Sebuah studi pada tahun 2021 membuktikan bahwa beberapa bagian dari pare dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kadar glukosa dalam darah. 

Anda dapat mengonsumsi biji atau daging pare yang ditambahkan ke dalam makanan, jus, atau bahkan suplemen.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya berguna untuk kesehatan rambut, tetapi juga dapat membantu mengatasi diabetes tipe 2. Sebuah penelitian yang dipublikasikan melalui ScienceDirect pada tahun 2013 menunjukkan bahwa gel lidah buaya dapat memperbaiki sel beta di pankreas yang memproduksi insulin.

Selain itu, lidah buaya juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan meningkatkan kadar insulin.

5. Jahe

Jahe juga merupakan obat alami yang dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Jahe tidak dapat mengurangi kadar insulin darah, tetapi dapat menurunkan kadar gula darah. 

Anda dapat mengolah jahe dan mencampurkannya ke dalam makanan atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, minuman, atau diseduh.

Kalimat-kalimat di atas menjelaskan tentang beberapa jenis bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi diabetes tipe 2, seperti lidah buaya, kayu manis, pare, jahe, dan kelabat. 

Beberapa jenis bahan alami tersebut memiliki manfaat dalam meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, mengurangi resistensi insulin, serta mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

Bahan-bahan alami tersebut dapat dikonsumsi dalam bentuk makanan, jus, atau suplemen.

Next Post Previous Post
Joki Tugas