Breaking News

Donwload Logo UGM (Universitas Gadjah Mada) PNG Resmi Full HD : Makna Logo UGM

 

 Logo UGM Resmi(Universitas Gadjah Mada) PNG Hitam Putih

Makna Logo UGM
Surat dari Prof. Dr. inframerah. Pada tanggal 31 Oktober 1993, Mochammad Adnan (ketika masih menjadi Kepala Sekolah UGM) meminta kepada seluruh civitas akademika UGM untuk mengoreksi pembentukan logo UGM pada kop surat, kalender, panduan, sampul buku dan vandel. Menurut profesor. Adnan, pembuatan logo UGM sering salah, apalagi pembuatan himpunan sinar matahari, tiap satuan harusnya 19 balok (sebagai lambang angka lahir UGM), seringkali kurang dari 19. Mengapa kesalahan ini perlu diperbaiki? Jawabannya adalah, karena simbol adalah simbol identitas pribadi. Ini juga merupakan "merek dagang". Dibuat dari cita-cita luhur sehingga mengandung makna yang dalam, dan tidak berlebihan jika logo UGM memiliki makna yang sangat mulia.

Logo UGM  Resmi (Universitas Gadjah Mada) PNG Berwarna


Universitas Gadjah Mada memiliki logo yang bentuk dan maknanya dijelaskan di bawah ini:
  • Pusat lambang tersebut berupa matahari atau matahari berlubang dan memancarkan cahaya berupa lima kelompok sinar. Setiap elemen dari himpunan sinar terdiri dari sembilan belas balok. Matahari dan sinarnya berwarna kuning keemasan.
  • Lubang di tengah matahari dikelilingi oleh dua lingkaran. Lingkaran dalam terdiri dari huruf-huruf berikut: GADJAH MADA. Pada lingkar luar tertulis UNIVERSITAS di atas dan JOGJAKARTA di bawah. Kedua lingkaran tersebut disusun sedemikian rupa sehingga menyerupai matahari kembar, sedangkan lima satuan sinar matahari berbentuk kartika atau pentagram.
  • Bagian tengah simbol dilindungi oleh lima topi, topi komandan yang kebesaran. Ada lima tombak di antara tengkorak. Lembah Pinus berwarna putih dan tombak berwarna kuning.
Logo Universitas Gadjah Mada memiliki arti sebagai berikut:

  • Segi lima emas muda Surya melambangkan bahwa UGM adalah Universitas Pancasila, pusat pendidikan tinggi ilmiah dan budaya nasional berdasarkan pengetahuan, realitas, dan kebijakan pancaran Pancasila.
  • Titik tengah simbol adalah lubang matahari atau "naga pino matahari". Kata solar artinya angka 1 dan binolong artinya angka 9, jadi “solar binolong” atau bentuk matahari berlubang mengacu pada angka 1 dan 9 yang merupakan angka 19. Setiap unit cahaya juga terdiri dari 19 balok, yang juga berarti angka 19. . Angka 19 merupakan lambang tanggal berdirinya UGM.
  • Dua bentuk lingkaran bertumpuk mengelilingi titik pusat simbol dalam lima satuan sinar matahari, muncul dalam bentuk pentagram, mirip dengan kartika atau matahari kembar dalam sebuah bintang. Kartika melambangkan angka 1 dan kembaran surya mewakili angka 2, maka bentuk dari kembaran matahari kartika melambangkan angka 1 dan 2, yaitu angka 12. Angka 12 merupakan lambang bulan Desember, bulan berdirinya UGM.
  • Ada lima songkok dan tombak, dan masing-masing songkok dan tombak mengelilingi matahari dan kartika, melambangkan sifat pahlawan UGM dan perjuangan nasional, yang selalu siap dan waspada. Semua diliputi dan diresapi Pancasila, yang kesemuanya melambangkan fitrah UGM sebagai monumen perjuangan bangsa yang berbasis Pancasila.
  • Ada lima satuan masing-masing untuk sinar, segi lima kartika, kopiah, dan tombak. Keduanya melambangkan Panchasila dan memberikan UGM dasar, sifat dan tujuan, sifat kepahlawanan dan perjuangan nasional untuk Panchasila.
  • Putih melambangkan kesucian. Kuning keemasan yang mengelilingi putih pada dasarnya adalah "memet barrier", kata yang menyatakan hubungan antara makna putih dan kuning keemasan, dibaca "purnining suci marganing kanyatan" atau kesucian kesucian adalah hakikat jalannya. Ungkapan itu melambangkan angka 1949, tahun penubuhan UGM. Perkataan "tulen" mengandungi makna nombor 9, nombor "tulen" 4, nombor "darah" 9 dan "penyataan" nombor 1; nilai yang dibaca dari sebaliknya ialah 1949. Logo UGM tertera pada pakaian Pengetua, Universiti Duaja dan Paddle Stick seperti berikut:
  • Logo pada pakaian seragam guru besar adalah berbentuk topi lima segi empat sama, setiap sisi berbentuk bola, bahagian tepi belakang jubah berbentuk bola, dan bahagian belakang, leher, dada dan lengan berwarna hitam. Baldu, dengan simbol lima bola di leher dan lengan bawah.
  • Di Universitas Duaja UGM, logo UGM diletakkan di atas alas emas putih.
  • Pada Tongkat Pedel, lambang UGM berada di ujung dan memiliki dua sisi.

0 Komentar

Posting Komentar

Type and hit Enter to search

Close