Logo UIN Sunan Kalijaga PNG Kualitas HD

Makna Logo UIN SUKA (Sunan Kalijaga)

Sebagai bagian dari upaya pemutakhiran citra UIN Sunan Kalijaga, lambang dan logo universitas telah diubah sejak tahun 2010. Emblem dan logo baru adalah sebagai berikut. Bentuk dasar lambang dan logonya adalah bunga matahari berdaun dua. Kelopak bunga direpresentasikan dalam bentuk ornamen Islam klasik. Leaflet kiri memvisualisasikan huruf "U", batangnya adalah huruf "I", dan leaflet kanan adalah huruf "N" sehingga bisa dibaca U-I-N.

Logo bunga menyerupai jaring laba-laba untuk melambangkan keterkaitan dan hubungan antara sains dan agama, dan diukir pada ikon mosaik di fasad gedung UIN - diambil dari dekorasi di dinding Alhambra selama Kekhalifahan Umayyah berada di Granada, Spanyol, dan meliputi daerah perbukitan. Alhambra dibangun pada abad ke-14, pada masa Muhammad Youssef, 1333-1353 dan Muhammad V, Sultan Granada, 1353-1391 Naxalite / Daura al-Ahmar (1232 -1492). Art Deco memiliki pengaruh besar pada semua jenis bangunan di Timur dan Barat. Perpaduan Timur dan Barat (La syarqiyyah wa la gharbiyyah) ini dapat dijelaskan sebagai visi dan misi UIN untuk menyingkirkan dikotomi keilmuan dan bergerak menuju integrasi dan interkoneksi bidang keilmuan, menuju keunggulan peradaban.

Motif dekoratif menggabungkan cita rasa seni tingkat tinggi budaya Islam Timur Tengah dan budaya Eropa Barat, melambangkan interkoneksi. Dilihat dari dekat, beberapa dekorasi di gedung UIN telah menerapkan bentuk dua 4 persegi sebagai elemen dasar yang dibentuk oleh dekorasi tersebut.

Bunga visual dipilih sebagai bentuk dasar logo karena merupakan simbol keindahan, keharuman, harmoni, keseimbangan, dan kebaikan. Allah SWT menyukai keindahan dan keharuman karena Allah SWT adalah yang paling indah dan harum. Artinya, UIN selalu menghadirkan kesejukan dan keindahan di sekitarnya, serta mengeluarkan aroma yang harum saat beraktivitas. Dapat pula diartikan bahwa UIN Sunan Kalijaga memang bermaksud untuk menanamkan jiwa dan karakter manusia yang rahmatan lil 'alamin.

Kelopak kuning keemasan diambil dari jenis logam mulia dan mengekspresikan kemewahan, martabat, kemuliaan, keabadian, keabadian, kesetiaan, dan pengabdian. Menyatakan ketajaman pemikiran, keagungan pemikiran, keluhuran pemikiran, kecemerlangan pemikiran dan konotasi spiritual UIN Sunan Kalijaga yang unggul dan luar biasa. Kemewahan dan kekayaan berupa kedalaman ilmu, kekayaan karakter, kedewasaan diri dan kearifan budaya lokal. UIN Sunan Kalijaga ingin berprestasi, namun tetap santun dan rendah hati.

Warna hijau daun melambangkan kesinambungan, kesegaran, alam dan pembaharuan. Melalui inovasi tanpa henti, hijau adalah simbol harapan, pertumbuhan, kelahiran, kemakmuran, kesuburan, dan regenerasi.

Transformasi Green di UIN Sunan Kalijaga memiliki sejarah yang berkesinambungan. Warna hijau juga mengandung informasi keagamaan, sebagaimana diberitakan dalam surat Al-Insan (76):21 dan Al-Kahfi (18):31, penghuni surga memakai pakaian berwarna hijau.

Demikian penjelasan seputar logo uin suka (Sunan Kalijaga), untuk mendowload logo uin suka png bisa melalui link ini.

 Sumber : uin-suka.ac.id