20 Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar
Kata Pengantar Makalah adalah bagian dalam karya tulis makalah yang memuat ungkapan-ungkapan rasa syukur, mendeskrisikan tentang pentinya pemabahasan topik yang akan di tulis, tujuan penulisan makalah dan rasa terima kasih dari penulisnya. Secara umum kata pengantar terletak di awal karya.

Cara Membuat Kata Pengantar Makalah

Untuk menulis kata pengantar yang baik dan benar, penulis harus mengikuti langkah-langkah berikut, yaitu:

  • Langkah pertama mulailah dengan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa di paragraf pertama.
  • Kedua Uraikan secara singkat pembahasan atau judul yang disajikan dalam buku tersebut. Paragraf kedua berisi tujuan penulisan.
  • Ketiga Tulis ucapan terima kasih kepada mereka yang berkontribusi dalam menyelesaikan pekerjaan.
  • Ke empat Pada paragraf keempat, isikan penerimaan penulis atas kritik dan saran pembaca.
  • Dan menuliskan Tanggal dan tanda tangan penulis di bagian bawah. Sebelumnya, berikan paragraf penutup yang berisi manfaat dan harapan penulis.
Berikut ini penulis akan memeberikan contoh 20 kata pengantar makalah yang baik dan benar, untuk menjadi acuan anda saat membuat tugas makalah:

1. Makalah Ekonomi Kerakyatan Pengembangan Ekonomi Kerakyatan Di Indonesia Era Pandemi Covid-19

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena rahmat dan hidayah-Nya saya bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “Pengembangan Ekonomi Kerakyatan di Indonesia Era Pandemi Covid-19” ini dengan baik. Tidak lupa saya menyampaikan rasa terima kasih kepada dosen pengampu yang telah memberikan bimbingan serta masukan yang bermanfaat dalam proses penyusunan makalah  ini. 

Rasa  terima kasih  juga hendak  saya  ucapkan kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah memberikan kontribusinya baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga makalah ini dapat selesai pada waktu yang telah ditentukan. 

Meskipun saya sudah mengumpulkan banyak referensi untuk menunjang penyusunan makalah ini, namun saya menyadari bahwa di dalam makalah yang telah saya susun masih terdapat banyak kesalahan serta kekurangan. Sehingga saya mengharapkan saran serta masukan dari para pembaca demi tersusunnya makalah lain yang lebih baik lagi. Akhir kata, saya berharap makalah ini dapat memberikan banyak manfaat.     
Yogyakarta, 01 Desember 2020 


              Tri Utami

2. Makalah  Menciptakan Perbaikan Bisnis Melalui Efisiensi Usaha  Dengan Menggunakan Sumber Daya Yang Dimiliki.
KATA PENGANTAR
 Alhamdulillah, puji syukur atas kehadirat Allah SWT Yang Maha Esa karena telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini  dengan  tepat  waktu.  Adapun  tema  dari  makalah  ini  adalah  “MENCIPTAKAN PERBAIKAN BISNIS  MELALUI EFISIENSI USAHA DENGAN MENGGUNAKAN SUMBER DAYA YANG DIMILIKI” 

Tidak  lupa  kami  ucapkan  terimakasih  kepada  Rona  Tumiur  Mauli  Carolin, SE.,MM.,CMA selaku Dosen  Pengajar mata kuliah Studi Kalayakan  Bisnis,  karena telah memberikan tugas ini sekaligus memberikan bimbingan dalam penyusunannya. Kami  menyadari  bahwa  makalah  ini  masih  jauh  dari  kata  sempurna,  karena keterbatasan pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki. 

Oleh sebab itu, kami mengaharap  kritikan  dan  saran  yang  membangun  dari  berbagai  pihak.  Semoga makalah  ini  dapat  bermanfaat  bagi  kami  selaku  penulis,  para  pembaca  dan perkembangan ilmu pengetahuan.       
Jakarta, 13 November 2022  


          
Penulis
 
Nah, Itulah pembahasan serta informasi  Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar. harapan penulis hal ini sebagai acuan dari penulisan karya ilmiah makalah saat kalian menulisakan makalah yang di tugaskan oleh dosen.