Breaking News

Jenis-jenis Laboratorium

 

Jenis-jenis Laboratorium Sumber Foto (news.labsatu.com)

Jenis-jenis Laboratorium

Laboratorium merupakan tempat untuk mengaplikasikan teori keilmuan, pengujian teoritis, pembuktian uji coba, penelitian dan sebagainya dengan menggunakan alat bantu yang menjadi kelengkapan dari fasilitas dengan kuantitas dan kualitas yang memadai. Di dalam pengaplikasiannya, laboratorium dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti ,

a. Laboratorium Analisis

Laboratorium analisis merupakan laboratorium yang digunakan sebagai tempat menganalisis kandungan bahan (sampel) tertentu. Laboratorium analisis biasanya bergerak dalam bidang kesehatan dan lingkungan. Contohnya adalah Laboratorium Kesehatan yang ada di Provinsi Lampung.

b. Laboratorium Uji

Laboratorium uji merupakan laboratorium yang digunakan untuk menguji atau kualitas atau kekuatan suatu produk atau barang tertentu. Cohtoh dari aboratorium uji adalah Laboratorium Uji Beristand Industri Samarinda. Salah satu jenis komoditi dan parameter yang dapat diuji adalah air minum dalam kemasan.

c. Laboratorium Pengajaran

Laboratorium pengajaran merupakan laboratorium yang digunakan dalam bidang pendidikan, terutama tingkat SD, SMP, dan SMA. Laboratorium ini merupakan tempat berlagsungnya pembelajaran secara praktik dalam ilmu tertentu. Adapun jenis laboratorium pengajaran yang ada di bidang pendidikan anatara lain seperti Laboratorium IPA, Laboratorium Komputer, dan Laboratorium Bahasa.

Laboratorium Riset

 1) Laboratorium Kimia Laboratorium yang biasanya digunakan untuk melaksanakan kegiatan praktikum yang berhubungan dengan analisa kimia kualitatif (kimia organik, kimia anorganik, dan biokimia) dan kimia kuantitatif (penetapan kadar unsur maupun senyawa , uji kontrol).

2) Laboratorium Fisika Laboratorium fisika biasa digunakan untuk melaksanakan kegiatan praktikum yang berhubungan dengan analisa fisik suatu produk seperti uji kebocoran, uji kekentalan dan lain sebagainya.

3) Laboratorium Mikrobiologi Laboratorium mikrobiologi ini biasanya digunakan untuk melaksanakan kegiatan praktikum yang berhubungan dengan analisa mikrobiologi seperti uji bakteri dan uji jamur.

Sumber:

Puteri Ramadhani, 2020. Sulistyani. Pengelolaan Laboratorium.  Jakarata : Yiesa Media Karya

0 Komentar

Posting Komentar

Type and hit Enter to search

Close