Foto: affsuzukicup.com

Nalarrakyat.com, Sepak Bola - Pratama Arhan telah memenangkan GOAL NXGN Award untuk Pemain Muda Turnamen setelah kombinasi suara penggemar dan peringkat tim redaksi GOAL sepanjang turnamen melihat bek kiri Indonesia mengklaim penghargaan setelah Piala Suzuki AFF perdananya yang luar biasa.

Penghargaan GOAL NXGN mengadu beberapa talenta terbaik AFF Suzuki Cup 2020 melawan satu sama lain dan Pratama, dengan total 60.122 suara, dinobatkan sebagai yang terbaik setelah serangkaian penampilan luar biasa.

Pratama, yang berusia 20 tahun selama kompetisi, finis di depan rekan setimnya Witan Sulaeman dan Alfeandra Dewangga, yang masing-masing berada di urutan kedua dan ketiga, sementara Thanawat Suengchitthawon dari Thailand dan Sieng Chanthea dari Kamboja melengkapi lima besar.

Bintang PSIS Semarang, yang memiliki ciri khas lemparan ke dalam yang panjang membuatnya menjadi ancaman nyata dari hampir semua tempat di dalam lapangan lawan, menjadi starter di enam dari delapan pertandingan Indonesia. Khususnya, dia absen untuk kekalahan pertama mereka musim ini ketika dia diskors karena kalah 4-0 dari Thailand di leg pertama final sebelum kembali untuk bermain imbang 2-2 di pertemuan kedua.

Di antara beberapa momen yang perlu diingat, kontribusi terbesar Pratama datang dengan mencetak gol penyeimbang di menit akhir melawan Singapura di leg kedua semifinal untuk membawa pertandingan ke perpanjangan waktu sebelum Indonesia menang 4-2 untuk maju ke final keenam mereka.

Dengan timnya berjuang melawan sembilan pemain tuan rumah, ia siap memanfaatkan bola rebound dari tiang gawang dari jarak dekat yang terbukti menjadi pertandingan paling dramatis di kompetisi ini dan malam yang tak terlupakan bagi Garuda.

Satu lagi yang akan bertahan lama dalam ingatan para penggemar Indonesia datang melawan rival terbesar mereka Malaysia ketika, unggul 2-1 di pertandingan terakhir Grup B, Pratama mengirim tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti ke bagian belakang gawang untuk memberi Indonesia keunggulan dua gol dalam laga yang akhirnya mereka menangi 4-1.

Baru melakukan debut internasionalnya di awal tahun, Pratama, yang sebelumnya relatif tidak dikenal di luar tanah airnya, menampilkan atribut lengkapnya sepanjang kompetisi, dengan loncatannya di sayap kiri memberikan ancaman konstan bagi pertahanan lawan.

Kualitas pertahanannya juga menarik perhatian, memenangkan 80 persen tekel dan lebih dari setengah duel yang dia ikuti, sementara dia menyelesaikan 76 persen dari 178 operan yang dia coba selama kampanye.

Sementara Pratama gagal membantu negaranya mengklaim mahkota Piala Suzuki AFF pertama, ia adalah bagian dari tim muda Indonesia yang sangat menjanjikan yang sekarang akan percaya diri untuk menantang gelar di tahun-tahun mendatang.