Menganjurkan agar Anda mengenakan masker di tempat umum saat berada di sekitar orang yang tidak tinggal di rumah Anda, terutama saat tindakan jarak sosial lainnya sulit dipertahankan. Masker dengan setidaknya 2 lapis kain kemungkinan besar akan mengurangi penyebaran COVID-19 bila digunakan secara luas oleh orang-orang di tempat umum. Masker sederhana dapat dibuat di rumah menggunakan kain yang dapat dicuci dan bernapas dan dapat membantu mencegah penyebaran COVID-19.

Persediaan yang diperlukan untuk membuat masker kain sebagai berikut.

  1. Dua kain katun persegi panjang 10 ”x 6”
  2. Dua buah elastis 6 inci (atau karet gelang, tali, strip kain, atau ikat rambut)
  3. Jarum dan benang (atau jepit rambut)
  4. Gunting
  5. Mesin jahit

Caranya
1. Gunting dua kain katun persegi panjang berukuran 10 kali 6 inci. Gunakan kapas yang ditenun rapat, seperti kain quilting atau seprai katun. Kain kaos akan bekerja dalam keadaan darurat. Tumpuk dua persegi panjang; Anda akan menjahit topeng seolah-olah itu adalah sepotong kain.
2. Lipat sisi panjang ¼ inci dan keliman. Kemudian lipat dua lapis kain sepanjang ½ inci di sepanjang sisi pendek dan jahit ke bawah.
3. Jalankan karet elastis dengan panjang 6 inci dan lebar 1/8-inci melalui keliman yang lebih lebar di setiap sisi masker. Ini akan menjadi loop telinga. Gunakan jarum besar atau jepit rambut untuk memasukkannya. Ikat ujungnya dengan kencang.
Tidak punya elastis? Gunakan ikat rambut atau ikat kepala elastis. Jika Anda hanya memiliki tali, Anda bisa membuat ikatannya lebih panjang dan mengikat topeng di belakang kepala Anda.
4. Tarik karet elastis dengan hati-hati sehingga simpul terselip di dalam keliman. Kumpulkan sisi-sisi masker pada karet elastis dan sesuaikan agar sesuai dengan wajah Anda. Kemudian jahit elastis dengan kencang di tempatnya agar tidak tergelincir.

Cara Membuat Masker tanpa jahitan
Bahan
  1. Kain yang dapat dicuci dan bernapas (potong sekitar 20 "x20")
  2. Karet gelang (atau ikat rambut)
  3. Gunting (jika Anda memotong kain Anda sendiri)
Pastikan masker Anda:

  1. pas tapi nyaman di sisi wajah
  2. menutupi hidung dan mulut sepenuhnya
  3. diamankan dengan ikatan atau loop telinga
  4. termasuk beberapa lapis kain
  5. memungkinkan untuk bernapas tanpa batasan
  6. dapat dicuci dan dikeringkan dengan mesin tanpa kerusakan atau berubah bentuk
  7. Lihat lebih lanjut tentang cara memakai dan mencuci masker Anda.